Rabu, 29 April 2009

Kemana Setelah Lulus SMA/SMK ?


Setelah kemarin selama 3 hari yaitu tanggal 20, 21 dan 23 April mengikuti Ujian Nasional mungkin dalam benak para siswa bertanya apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti.

Kebingungan ini bukanlah menjadi hal biasa terjadi bagi mereka yang baru lulus sekolah. Karena kebanyakan dari mereka belum tahu arah yang pasti setelah mereka lulus nanti. Mungkin yang dari SMK yang sudah dipersiapkan dengan ketrampilan kebanyakan pingin kerja (tapi tentunya juga ada yang pingin meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi lagi). Dan bagi mereka yang dari SMU kebanyakan dari mereka meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.

Satu yang perlu diketahui sebelum mengambil jurusan bagi mereka yang akan meneruskan ke perguruan tinggi, cermatilah dahulu atau bagaimana prospek kedepan dari jurusan yang diambil. Jangan karena ajakan temannya atau istilah jawanya manut grubyuk mengikuti temannya. Banyaklah bertanya atau menta saran atau juga minta nasehat dari orang tua, kakak, guru atau orang yang sudah mengenyam pedidikan di jenjang perguruan tinggi. Hal itu sebagai masukan dan pertimbangan dalam memilih jurusan yang akan diambil.

Sekali lagi buat para siswa-siswa jangan sampai salah ambil jurusan atau salah langkah karena semua itu juga akan menentukan masa depan kalian. Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya, bisa melalui internet atau media yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar