Minggu, 25 April 2010

10 Ribu Siswa Sulsel Tak Lulus UN SMA

Makassar,- Hasil ujian nasional (UN) 2010 tingkat sekolah menengah atas (SMK)/sederajat untuk wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) akan diumumkan, Senin (26/4).

Data yang dilansir Dinas Pendikan Nasional (Diknas) Sulsel menyebutkan, sebanyak 10.211 siswa peserta UN tidak lulus dan dijadwalkan harus ikut ujian ulangan yang dijadwalkan berlangsung 10-14 Mei nanti.
Mereka harus mengikuti ujian ulangan untuk bisa mencapai nilai standar UN 5,50. UN di Sulsel diikuti sekitar 56.950 siswa SMA, 11.298 madrasah aliyah (MA), dan 25.389 siswa sekolah menengah kejuruan (SMK).
Ketua Panitia UN Provinsi Sulsel Abdullah Parewe, Minggu (25/4), mengatakan, hasil penilaian UN utama sudah terdistribusi ke semua kepala sekolah melalui bidang pendidikan menengah umum (dikmenum).
Khusus pengumuman hasil UN SMA/sederajat untuk KotaMakassar akan dilansir di Tribun Timur, hari ini.
Sementara tngkat kelulusan UN SMA di Makassar tahun ini mencapai 90,18 persen atau 10.775 siswa dari total 11.948 siswa SMA yang ikut UN.
Angka kelulusan SMA lebih tinggi dibanding tingkat kelulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang hanya 79,93 persen. Sementara kelulusan tingkat madrasah aliyah (MA) baik swasta dan negeri di angka 80,88 persen.
"Tingkat kelulusan SMA mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Yang anjlok malah SMK," kata Ketua Ujian Nasional (UN) Makassar, Ismunandar, di SMKN 6 Makassar, kemarin.
Kepala Badan Litbang Kementerian Pendidikan Nasional RI, Prof Dr Mansyur Ramly, mengatakan, selain menempati urutan ke-18 dengan jumlah yang lulus diperkirakan sebesar 86,6 persen, nilai rata-rata Sulsel sekitar 7,4 atau berada urutan ke-11 secara nasional.
Di atas Sulsel ada Bali yang mendapat peringkat terbaik. Kemudian disusul Sumut, Riau, Jatim, Jabar, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Sulawesi Utara (Sulut).
Pengulangan
Parewe menegaskan siswa yang tidak lulus UN utama belum bisa dikatakan tidak lulus sekolah. Karena mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan.
"Jadi istilahnya pengulangan, bukan tidak lulus. Yang bersangutan masih diberikan kesempatan untuk belajar sampai pelaksanaan ujian ulangan," jelasnya.
Dinas Diknas Sulsel menargetkan tingkat kelulusan siswa SMA di daerah ini mencapai 97 persen setelah ujian ulangan nanti atau Atau meningkat sebesar empat persen dari tingkat kelulusan tahun 2009 lalu yang berkisar 93 persen.
UN Utama
Dari 10.211 siswa yang harus mengikuti ujian ulangan sebanyak 2.630 siswa di antaranya untuk jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA).
Sebanyak 33.333 peserta jurusan IPA mengikuti UN utama yang tersebar di 501 SMA dan MA penyelenggara ujian di 24 kabupaten/ kota Se-Sulsel. Sedangkan jurusan IPS mencapai 5.502 peserta dan jurusan bahasa sebanyak 2.079 siswa.
Parewe menjelaskan penetapan kelulusan terakhir ditentukan melalui rapat dewan guru di satuan tingkat pendidikan dengan memperhatikan tiga komponen penilaian utama.
Yakni penilaian hasil UN yang dilansir hari ini maupun pasca ujian ulangan, penilaian prestasi anak di sekolah, dan komponen sikap, perilaku, moral, anak didik selama menempuh pendidikan di sekolah.
UN Ulangan
Data Dinas Diknas Sulsel menyebutkan kabupaten/ kota yang terbanyak siswanya harus mengikuti ujian ulangan untuk jurusan IPS yakni Kota Makassar dengan 652 siswa.
Disusul Kabupaten Bulukumba dengan 568 siswa, Maros 451 siswa, Sinjai 364 siswa, serta Gowa 302 siswa. Sedangkan untuk kabupaten terbaik dengan tingkat ketidaklulusan UN jurusan IPS terendah yakni Toraja Utara 43 siswa, Wajo 85 peserta, serta Soppeng 82 siswa.
"Bukan berarti presentase tingkat kepesertaan untuk ujian ulangan tinggi karena jumlah peserta UN-nya juga besar. Makassar, misalnya, menjadi daerah dengan jumlah peserta UN terbanyak di Sulsel. Bisa jadi daerah lain jumlah pesertanya juga lebih kecil," tambah Parewe.
Untuk jurusan IPA, Makassar juga menjadi daerah dengan tingkat pengulangan tertinggi dengan 724 peserta. Disusul Maros dengan 237 peserta, Gowa 217 orang, dan Bone Bone 187 peserta. Sedangkan Luwu Utara hanya tujuh siswa dan Luwu Timur sembilan siswa yang harus mengulang.
Sedangkan dari 279 siswa jurusan bahasa yang dinyatakan tidak lulus UN utama terbanyak berada di Takalar dengan 49 siswa, disusul Maros 40 siswa dan Sidrap 39 peserta.
Jangan Panik
Dinas Diknas Sulsel juga mengimbau orangtua peserta didik untuk tidak panik jika tidak lulus dalam UN utama. "Kami berharap tidak usah panik. Persiapkan diri dengan baik sebelum ujian ulangan. Betul-betul kembali mempersiapkan diri dengan baik. Misalnya dengan menjawab soal-soal maupun belajar materi pengulangan," tambah Parewe.
Selaku Panitia UN Tingkat Provinsi, pihaknya memberi target kelulusan tahun 2010 bisa mencapai 97 persen dari tahun kemarin 93 persen. Karena siswa tetap diberi kesempatan besar dengan adanya UN ulangan.
Paket C
Mereka yang tidak lulus UN utama maupun ulangan karena tidak mencapai nilai rata-rata kelulusan masih memiliki alternatif terakhir untuk mendapatkan ijazah kelulusan.
Melalui jalur pendidikan nonformal atau jalur pendidikan luar sekolah dengan mengikuti ujian kesetaraan Paket C. Bagi mereka yang akan mengikuti ujian paket C harus melalui proses pindah jalur pendidikan.
"Tidak bisa serta merta ikut saja. Harus mengikuti peraturan yang berlaku pada jalur pendidikan non formal dengan mendaftar pada salah satu lembaga Paket C seperti lembaga kursus, PKBM, maupun kelompok belajar masyarakat," jelasnya.
Mereka kemudian didaftar melalui daftar nominasi untuk mengikuti ujian kesetaraan Paket C.
Menurutnya, ijazah paket C setara dengan SMA maupun MA yang diatur melalui keputusan presiden (Keppres) dan Peraturan Menteri (Permen) mengenai keabsahannya. Legalitas ijazah paket disetarakan dan bisa dipergunakan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Bisa dipergunakan untuk berbagai kepentingan lainnya yang memerlukan ijazah. Mendaftar pegawai negeri sipil (PNS), TNI-Polri, menjadi calon bupati, sampai Anggota DPR, sama dengan ijazah kelulusan UN. "Jangan sampai ada yang meremehkan ijazah Paket C karena legilatisnya sama. Ini yang ingin kami luruskan persepsi tersebut jangan sampai ada," lanjutnya.
Makassar
Sebanyak 11.948 siswa SMA baik negeri dan swasta di Makassar ikut UN tahun ini. Sebanyak 10.775 siswa atau 90,18 persen dinyatakan lulus. Sisanya 1.173 siswa terpaksa mengikuti pengulangan UN karena dinyatakan tidak lulus pada UN yang digelar kemarin.
Sementara itu, tingkat kelulusan di SMK negeri Makassar anjlok. Dari total 1.623 peserta UN, hanya 845 (52,06 persen) yang lulus. Sisanya 778 (48,04 persen) tidak lulus.

UN Ulangan 10-14 Mei

SETELAH pengumuman ujian nasional (UN) tahap pertama, Dinas Pendidikan Kota Makassar kembali bersiap menggelar UN tahap kedua yang rencananya digelar 10-14 Mei nanti.
"Saya perlu jelaskan ini bukan UN susulan. Ini adalah pengulangan UN untuk siswa-siswi yang tidak mencapai target pada UN kemarin," kata Kepala Seksi Kurikulum dan Pendidikan Menengah Diknas Makassar, Suwardi, usai penyerahan nama-nama siswa yang lulus di SMK 6 Makassar, Jl Landak Baru, Makassar, Minggu(25/4).
Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Mahmud BM, berharap angka kelulusan peserta didik setelah pengulangan UN bisa mencapai 98 persen.
Diknas sementara menunggu daftar nama-nama siswa yang mengikuti pengulangan UN dari sekolah. Dari hasil pengumuman UN, untuk tingkat SMA, sebanyak 11.948 siswa SMA baik negeri dan swasta ikut UN tahun ini.
Sebanyak 10.775 siswa atau 90,18 persen dinyatakan lulus. Sisanya 1.173 siswa terpaksa mengikuti pengulangan UN karena dinyatakan tidak lulus pada UN yang digelar 22-24 Maret lalu.
Diknas dalam waktu tiga hari ke depan baru akan menetapkan lokasi UN bagi siswa yang tidak beruntung. "Bisa jadi lokasi ujiannya bukan di sekolah yang bersangkutan," lanjut Suwardi.
Penempatan lokasi berdasarkan rayon. Makassar dibagi ke dalam 35 rayon. Sekolah yang berdekatan ditempatkan dalam satu rayon untuk memudahkan koordinasi.
Ijazah
Secara umum, tidak ada perbedaan ijazah antara siswa yang mengikuti pengulangan UN dan yang tidak. Suwardi menyatakan, siswa yang lulus UN Maret lalu hanya memiliki satu rekap nilai.
"Sementara yang ikut pengulangan UN memiliki dua nilai. Satu nilai UN yang pertama dan nilai pengulangan UN. Tapi secara umum tidak ada perbedaan," kata Suwardi. (cr8/sur/axa)


3 Mei, Pengumuman UN SMP
PENGUMUMAN hasil ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiah (MTs) rencananya diumumkan 3 Mei mendatang. Sebanyak 20.909 siswa ikut UN.
Ketua Panitia UN Makassar, Ismundar, optimistis angka kelulusan tingkat SMP lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.
Tahun lalu, hasil UN SMP Makassar hanya berada di urutan ke-19 di Sulsel. Dari total 18.734 siswa, sebanyak 5.639 (30 persen) dinyatakan tidak lulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar